wibloog.com
menu wibloog.com
5 Teknologi Prosessor M1 Apple Yang Semakin Canggih!
Gadget » Apple

5 Teknologi Prosessor M1 Apple Yang Semakin Canggih!

  • tanggal18 Sep 2021
  • tanggalAdmin.Wibloog



Tahukah kamu jika mulai tahun lalu perusahaan Apple telah menggunakan teknologi prosessor M1 Apple. Siapa yang tidak tahu dengan merk teknologi satu ini. Apple merupakan salah satu produk yang terbaik dalam sejarah teknologi dunia. Dari mulai produk iPhone, iPad sampai dengan laptopnya atau biasa disebut MacBook. 

Untuk kamu yang belum pernah menggunakan produk Apple. Sebelum ini semua processor Apple adalah Intel. Namun, sejak November 2020 lalu mereka memutuskan untuk menggantinya dengan buatan sendiri.

Yang mana diberi nama Apple M1. Lalu kira - kira secanggih apa teknologi prosessor M1 Apple ini? Bahkan sempat diklaim sebagai CPU dengan performa terbaik. Untuk tahu lebih lanjut, langsung saja simak penjelasannya berikut. 5 Teknologi Prosessor M1 Apple.


Tabel Konten


1. Menggunakan Desain SoC

SoC sendiri merupakan system on chip. Yang mana mereka membuat koneksi antara CPU, Security, I/O dan hardware lain menjadi satu kesatuan. Dengan adanya koneksi tersebut tentu akan memberikan integrasi yang lebih cepat.

Karena ketika menggunakan prosesor Intel sebelumnya, chip nya masih terpisah - pisah sehingga membutuhkan waktu dan effort yang lebih lama. Tapi dengan menggunakan M1 ini, pemrosesan data tidak perlu menyalin ke setiap bagian chip, karena chip nya sendiri sudah saling terkoneksi.


2. Memiliki Teknologi Neural Engine

Pada M1 Apple ini disempurnakan oleh adanya teknologi neural engine. Dengan adanya teknologi tersebut semakin membuat kinerja prosesor menjadi lebih efisien. Yaitu dengan mengemas teknologi yang powerful ke dalam satu chip yaitu Unified Memory Architecture. Yang lebih menarik lagi, Neural Engine ini hadir dengan core sebanyak 16 inti.

3. Kinerja GPU Yang Cepat

GPU atau graphic processing unit merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan ketika mencari laptop. Dan kamu bisa menemukannya di teknologi prosessor M1 Apple ini.Pada Apple M1, mereka menggunakan GPU dengan spek core 8. Dengan adanya GPU yang ekstra cepat ini tentu dapat membuat kamu menjalankan tugas grafis secara bersamaan. Contohnya adalah, memutar beberapa video dengan kualitas 4K secara bersamaan namun tetap lancar. Lalu rendering video 3D secara cepat.


4. Terdapat Teknologi ISP

Teknologi ISP atau image signal processor. Yang merupakan teknologi untuk menampilkan video berkualitas tinggi. Dan dilengkapi dengan pengurangan noise atau bercak yang lebih baik. Selain itu, dynamic range yang dihasilkan juga jauh lebih besar. Serta white balance otomatisnya lebih optimal.

5. Peningkatan Secure Enclave

Secure enclave ini merupakan teknologi untuk melindungi data sidik jari dan kode sandi kamu. Data sidik jari tersebut tersimpan dengan aman di perangkat. Dan hanya dapat diakses menggunakan kunci lewat secure enclave ini.

Pada produk sebelumnya, Apple memang sudah menggunakan teknologi secure enclave. Hanya saja pada jenis M1 terdapat peningkatan yang lebih baik lagi. Sehingga data keamanan perangkat kamu dapat lebih terlindungi.
 


Meskipun sudah terlihat sangat canggih. Namun tentu masih ada teknologi prosessor M1 Apple ini. Atau ada beberapa hal yang tidak bisa lagi dilakukan dengan Apple M1. Beberapa Kekurangan Prosesor Apple M1.

Pilihan Upgrade Yang Terbatas

Kekurangan chip M1 pertama yaitu terbatasnya opsi upgrade. Jika pada MacBook Air dulu kamu bisa melakukan upgrade RAM sampai 32GB dan SSD sampai 4TB. Namun tidak dengan sekarang, dengan bergantinya prosesor dari Intel ke M1 membuat adanya batasan. Yaitu hanya bisa upgrade sampai 16GB dan SSD sebesar 2TB saja.

Meskipun begitu tentu MacBook dengan RAM 16GB prosesor M1 tetap akan jauh lebih baik dibandingkan dengan RAM 16GB namun prosesor Intel. Sudah tidak bisa disamakan lagi. Tidak Mendukung Windows Boot Camp Sebelumnya, meskipun menggunakan produk Mac. Tetapi kamu masih bisa menjalankan Windows yaitu dengan bantuan software Boot Camp. Yaitu dengan cara membuat partisi baru dan di instalkan Windows. Namun, ternyata itu hanya berlaku untuk prosesor Intel saja. Dengan M1 kamu sudah tidak bisa lagi menjalankan Windows di atas Mac.

Tidak Support Multiple External Display

Ada beberapa orang yang membutuhkan monitor display lebih dari 1. Contohnya seperti profesi videografer ataupun editor video. Tapi sayangnya MacBook M1 hanya bisa menggunakan satu eksternal display dengan resolusi 6K saja. Padahal pada MacBook Air sebelumnya, bisa mendukung sampai 2 eksternal display.

Terlepas dari banyak teknologi prosessor M1 Apple yang canggih tersebut. Masih ada beberapa hal yang memang harus hilang seperti 3 poin di atas. Namun tidak perlu khawatir karena kinerja dari prosesor M1 ini memang benar - benar luar biasa.

Demikian ulasan mengenai teknologi Prosessor M1 Apple, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.



Komentar Artikel


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru