wibloog.com
menu wibloog.com
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Teknologi » Internet dan Blog

Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula

  • tanggal15 Aug 2021
  • tanggalAdmin.Wibloog



Peran Google sebagai kendali dibalik semua trafik situs web menjadi bagian perkembangan blog, pasalnya sumber trafik situs yang kita miliki adalah berasal dari Google, Kita tahu bahwa mayoritas pengguna yang memiliki akses internet dengan menggunkan Google setidaknya sekali dalam satu hari untuk mendapatkan informasi.

Bagaimana sebenarnya sumber trafik blog bekerja, mungkin sebagian blogger pemula masih ada yang bingung dan bertanya-tanya, bagaimana sumber trafik itu bekerja, nah sumber trafik sebuah situs salah satunya adalah dari platform mesin pencari, kemudian orang yang mengetahui blog kita, dan platform sosial media.

Sumber-sumber tersebutlah yang membuat trafik blog kita naik. Setelah kita mengetahui sumber trafiknya, apakah blog yang kita bangun memiliki trafik pengunjung, karena kita tahu bahwa trafik blog juga tergantung dengan konten artikel yang kita buat, apakah memiliki search volume yang bagus atau malah sebaliknya, apakah konten yang kita bangun banyak dicari di mesin pencarian Google, apakah blog atau situs Anda sudah memiliki optimasi SEO, yuk mari kita ulas dibawah ini tips cara menaikkan trafik blog pengunjung.


Tabel Konten


Optimasi SEO Blog

Pertama sekali jika Anda ingin memulai membangun sebuah situs web atau blog, pastikan Anda sudah merencanakan yang satu ini, yaitu Optimasi SEO di blog Anda, intinya Anda bangun fondasi yang kuat, memang secara konsep dalam membangun blog yang SEO harus mengetahui secara teknik, tak ubahnya Anda membangun sebuah rumah paling tidak Anda tahu cara teknis ukuran, spesifikasi bahan dan material yang digunakan, cara pengecoran, pembuatan kawat besi coran dan lain-lain.

Teknisnya adalah Anda harus mengetahui struktur kode HTML, iya... karena sebuah situs web atau blog dan sejenisnya dibangun menggunakan bahasa dasarnya HTML. Semakin kemari semakin sulit sepertinya, tapi tenang, penulis akan memberikan konsepnya, agar setidaknya Anda paham mengenai optimasi SEO.

Berikut dibawah ini komponen yang harus perhatikan di halaman detail artikel blog Anda, jangan sampai tidak tersedia di halaman blog Anda, karena ini adalah HTML dasarnya, silakan di cek.

Komponen Keterangan
title, language, meta

Perhatikan pada baris ini, karena ini merupakan judul artikel yang di letakan pada bagain < head >, ini merupakan dasar tentang judul, bahasa, deskripsi dan meta keyword.

link canonical Merupakan link halaman yang ditampilkan saat dibuka, yang ada di Google Webmaster, contohnya https://nama-domain.com/cara-kirim-email-di-gmail.html, ini merupakan link yang terindeks di Google.
link icon, sitemap, RSS

Jangan lupa silakan buat link icon blog Anda, agar lebih menarik dan memiliki identitas yang kuat, kemudian link sitemap dan RSS yang diletakan di bagian < head >.

h1, h2, h3, ... h6 Gunakan heading dan subheading ini, jadi setiap judul besar, misalkan penggunaan judul utama topik artikel menggunakan h1, sub judul menggunakan h2, dan penggunaan label - label kategori bisa Anda gunakan h3, h4 dan seterusnya.
image

Selanjutnya ada gambar, setiap gambar harus memiliki alt, title, rasio, dan tinggi lebar gambar, karena ini akan berpengaruh terhadap layout web yang Anda gunakan, jangan gunakan yang dinamis, kalau bisa tentukan lebar dan tingginya di setiap paltform mobile maupun desktop. Gunakan gambar yang sudah di compres, jika bisa gunakan gambar dibawah 100KB untuk cover.

Komponen - komponen diatas merupakan dasar penggunaan html untuk di blog, fungsinya agar mesin pencari baik itu Google, Bing, Yahoo bisa mengenali struktur web blog Anda saat melakukan pengindeksan.

 


Konten Artikel

Ciri khas dari sebuah blog itu adalah konten artikelnya atau isi dari blog tersebut, orang berkunjung di blog kita karena ada konten artikel yang di cari orang, jadi mustahil sebuah blog tanpa konten bisa memiliki trafik yang banyak. Jadi buatlah konten yang menarik dengan tulisan original berdasarkan topik niche blog Anda, ini akan membantu trafik Anda dipencarian Google.

konten artikel

Menulis konten artikel memang suatu hal yang tidak mudah, tapi Anda harus bisa menulis konten di blog Anda, karena sebuah blog identik dengan tulisan, Anda bisa menulis berbagai konten yang menarik, mulai dari ulasan, tips dan trik, tutorial, cara dan sebagainya bisa Anda tuangkan di blog Anda.

Samakin banyak jumlah artikel yang di posting di blog Anda, maka search volume di pencarian Google yang terjaring juga akan banyak peluangnya tampil di hasil pencarian Google SERP, tapi perlu di ingat bahwa topik artikel yang Anda tulis di blog belum tentu memiliki search volume yang baik, menarik bagi Anda belum tentu ada yang mencari topik tersebut.

Jadi Anda harus benar-benar paham topik apa yang paling banyak di cari di mesin pencari Google, Anda harus bisa melihat trend topik yang sedang berkembang, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat topik artikel, salah satunya dengan keyword planner, dengan begitu Anda tahu topik apa saja yang memiliki search volume yang tinggi.

Update konten artikel secara konsisten, ini adalah salah satu tantangan berat seorang blogger, yaitu harus konsisten menulis artikel, karena mesin pencari Google suka dengan blog atau situs web yang uptodate, minimal Anda dalam satu pekan bisa membuat 3 artikel, lebih bagusnya lagi setiap hari.

Berapa panjang kata untuk sebuah artikel blog yang ideal, minimalnya adalah 500 kata, tapi untuk artikel yang berkualitas SEO adalah 700 sampai dengan 1000 kata, berbeda dengan artikel tutorial, Anda tidak perlu membutuhkan panjang kata.

Tambahkan link internal di setiap artikel blog, agar konten artikel tersebut memiliki keterkaitan referensi dengan artikel yang lain, dan ini dapat menaikan kualitas SEO artikel di blog Anda.

Kecepatan Blog

Kecepatan web memiliki peran penting terhadap performa blog yang Anda bangun, agar setiap pengunjung blog Anda tidak banyak menghabiskan waktu menunggu yang hanya sekedar membuka tautan blog, dalam hal ini Google juga mempertimbangkan ranking blog Anda di pencarian Google. Hindari tempate yang membutuhkan resource besar, karena kebutuhan blog termasuk simpel, hanya membutuhkan halaman depan, kategori, detail halaman dan beberapa halaman pendukung.

Jika Anda pengguna blogspot, pastikan template yang Anda pakai tidak berat, walaupun hosting Anda di Google sekalipun, gunakan image banner, icon, dan gambar lainnya yang berukuran kecil, karena ini sangat berpengaruh loading awal di blog Anda, jadi Anda gunakan resource yang penting-penting saja.

Selain blogspot apabila Anda menggunakan wordpress juga harus memperhatikan template yang Anda gunakan, kemudian Anda harus memperhatikan tempat server hosting yang Anda gunakan, apakah memiliki kecepatan akses yang bagus. Wordpress termasuk CMS yang memiliki resource yang besar, pastikan gunakan layout tema dan plugin secara maksimal, hindari penggunaan kode dan link yang tidak perlu.

Sebagian besar orang tidak suka dengan akses blog atau situs web yang lambat, apalagi memiliki load data yang banyak, ini akan memperlambat akses blog Anda. Untuk melihat apakah blog Anda memiliki akses lambat atau cepat, silakan cek di Google Speed Insight, disana nanti akan ditampilkan skor kecepatan dan performa dari blog Anda.


Daftarkan Blog di Google Webmaster

Google webmaster adalah salah satu tools yang dibuat oleh Google, untuk melakukan pengindeksan sebuah blog menjadi lebih cepat dan mudah, setiap blog atau situs web sejenisnya harus menggunakan tools yang satu ini.

google webmaster

Dengan menggunakan Google Webmaster, kita bisa melakukan pengindeksan secara cepat, selain itu kita bisa tau artikel-artikel apa saja yang sedang trending, kemudian kita bisa mengetahui jumlah trafik pengunjung berdasarkan topik artikel yang kita buat selama ini, selanjutnya kita bisa tahu berapa search volume yang kita dapatkan dari mesin pencarian Google.

Baca juga Cara Verifikasi Domain di Google Webmaster via Cpanel

Silakan daftarkan blog Anda di Google Webmaster untuk meningkatkan trafik pengunjung Anda di mesin pencarian Google, fitur yang di sediakan oleh Google Webmaster bisa Anda gunakan untuk pengideksan, submit sitemap.xml, RSS dan performa blog Anda.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga ulasan ini membantu Anda dalam membangun sebuah blog, Terima kasih juga telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.




Komentar Artikel


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru