wibloog.com
menu wibloog.com
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO
Tips » Informasi Teknologi

7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO

  • tanggal11 Aug 2021
  • tanggalAdmin.Wibloog



Tahun ini merupakan salah satu tahun dimana kebanyakan konsumen beralih secara massal ke online, bisnis tradisionalpun sekarang sudah mulai menyadari bahwa mereka sangat perlu merubah dari yang manual ke sistem digital, dimana memungkinkan orang-orang diluar sana menemukan bisnis kita secara online.

Mungkin Anda tidak menyadai bahwa penggunaan smarthpone saat ini menjadi lebih sering, jika kita perhatikan orang mencari kebutuhan bukan lagi keliling ke jalan-jalan, akan tetapi mereka cukup mencari melalui mesin pencari Google.

Apapun itu, mulai dari tempat makan, toko, rumah,properti, mobil, retail, bahan kue, bengkel, jasa service dan masih banyak lagi. Tentu Anda akan berpikir bagaimana caranya menemukan produk bisnis Anda di Google, sementara Anda tidak memiliki data jejak digital di Internet. Salah satunya adalah membangun situs web, dimana disana ada menampilkan produk dan jasa Anda, Sehingga situs Anda akan terindeks oleh Google.

Peran SEO terhadap situs web bisnis Anda itu sangat penting, Mengapa? Nah Berikut dibawah ini 7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO.


Tabel Konten


1. Pencarian Organik

Pencarian Organik paling sering menjadi sumber utama lalu lintas Situs Web, pencarian organik itu adalah alami, biasanya datang dari berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex dan mesin pencari lainnya. Bagaimana bisa menjadi sumber utama situs web? Umumnya orang-orang jika ingin mencari sebuah produk dan jasa, pasti mereka akan menanyakan ke mbah Google, apapun itu, dan itu tidak bisa kita pungkiri, bahwa teknologi Google bisa menjawab itu semua.

Kemudian google akan menampilkan hasil pencarian yang relevan berdasarkan kata kunci yang Anda cari, dan hasilnya itu semua adalah dari berbagai situs web termasuk sosial media. Selanjutnya Anda akan memilih dari salah satu halaman web yang Anda anggap sesuai dan yang pastinya di halaman pertama Google.

Contoh misal Anda  mencari "Toko Sepeda di Medan", maka akan menampilkan beberapa situs toko sepeda dan toko online.

toko sepeda di medan

Dari hasil tersebut di atas, terbukti bahwa membangun situs web untuk bisnis Anda untuk sangat penting, karena orang-orang bisa mengetahui keberadaan bisnis Anda saat ini. Kita tahu bahwa mayoritas pengguna yang memiliki akses internet dengan menggunkan Google setidaknya sekali dalam satu hari untuk mendapatkan informasi.

Jadi sangat jelas, bahwa sumber informasi yang di tampilkan Google adalah situs web yang di percaya oleh Google dan mesin pencari lainnya, dimana situs web mereka memiliki SEO berkualitas dan konten yang relevan.


2. Memahami Suara Konsumen

SEO adalah cara terbaik untuk memahami suara konsumen, karena perilaku setiap orang berbeda-beda saat menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari, dengan SEO akan memberi tahu kepada kita apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh penggunanya.

Setiap penggunanya akan merespon dari hasil pencarian yang ia cari di mesin pencari Google, dimana ia akan memberikan masukkan yang jelas terhadap perilakunya dengan berbagai cara seperti di analisa terlebih dahulu hasilnya pencariannya, dan di analitik sesuai dengan pengalamanya. Jadi dengan SEO akan membantu perilaku yang dapat memahami suara konsumen. 

3. SEO Yang Baik

SEO yang baik tentu juga akan berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang lebih baik, itu artinya pengalaman pengguna menjadi perioritas nomor satu. Semua orang menginginkan peringkat organik yang lebih baik dihalaman pertama Google, tapi perlu di ingat bahwa setiap pengguna memiliki alasan tertentu untuk menentukan hasil yang di klik.

Google telah mempelajari tentang perilaku penggunanya dengan menafsirkan pengalaman penggunanya yang baik dan tidak menyenangkan, artinya pada saat Anda melakukan pencarian di Google, maka perilaku Anda bisa di ketahui. Tentunya pengalaman pengguna yang positif akan menjadi elemen penting bagi kesuksesan situs web Anda.


4. Memahami SEO

SEO membantu Anda mengetahui tentang Web, dengan tersebut Anda bisa memahami tentang world wide web, dan mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi, sehingga Anda bisa melakukan taktik dan strategi bisnis untuk memasarkan produk dan jasa Anda.

5. Strategi Jangka Panjang

Alasan yang ke lima adalah strategi jangka panjang, Anda tidak bisa melakukannya secara instan, karena membutuhkan banyak faktor dan penilaian terhadap bisnis yang Anda bangun, dengan berbagai optimasi SEO yang terbaik sekalipun tetap membutuhkan waktu jangka panjang.

Memang menjadi kendala bagi pemula yang baru saja memulai membangun bisnisnya secara online, ini tidaklah mudah, karena harus melalui tahapan yang harus dilalui, karena kita harus memahami tentang SEO dan perilaku penggunanya.

Mesin pencari Google, Bing, Yahoo dan lainnya memiliki algortima dan aturan untuk menilai situs web Anda di hasil pencarian, hal yang terbaik adalah bangun situs web Anda yang berkualitas, dan berikan konten-konten yang relevan terhadap produk Anda.


6. Hemat Biaya

Benar, menggunakan SEO sebagai kebutuhan bisnis Anda, akan menghebat biaya, pasalnya biaya yang dikeluarkan relatif murah, akan tetapi memiliki manfaat yang cukup besar terhadap bisnis Anda, dan ini bukan biaya pemasaran ini adalah investasi bisnis yang sebenernya yang memiliki waktu jangka panjang.

Anda cukup mengeluarkan biaya untuk melakukan optimasi SEO di situs web Anda, jadi Anda membangun sebuah situs web yang menerapkan SEO yang baik sesuai dengan bisnis yang Anda bangun saat ini. 

7. Jika Situs Web Anda Tidak di Halaman Pertama

Pertarungan untuk mendapatkan dihalaman pertama di mesin pencari seperti Google sangatlah terbuka, karena memang tujuan utama dari optimasi SEO di situs Anda adalah agar situs web Anda berada dihalaman pertama.

Baru-baru ini ada studi yang menunjukkan bahwa tiga posisi peringkat pencarian organik di halaman pertama menghasilkan lebih dari 50% dari semua klik yang tayang, sementara 30% dari semua hasil di Halaman 2 dan 2 tidak diklik sama sekali.

Dengan studi tersebut, jika situs Anda tidak dihalaman pertama, Anda harus melakukannya, tentu Anda harus melakukan optimasi SEO yang lebih baik lagi, selain itu banyaknya penggunaan yang menggunakan kata kunci pencarian dan tidak dapat menemukan apa yang sebenarnya dicari.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga dengan alasan tersebut di atas Anda bisa membangun bisnis secara digital yang mampu bersaing, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.



Komentar Artikel


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru