wibloog.com
menu wibloog.com
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Olahraga » Sepeda

Tips Aman Bersepeda di Malam Hari

  • tanggal22 Jul 2021
  • tanggalAdmin.Wibloog



Halo sobat goweser, Bagaimana kabarnya, mudah-mudahan dalam keadaan sehat-sehat, hari ini penulis mau berbagi pengalaman tentang bersepeda di malam hari, karena penulis sebelumnya sering sekali naik sepeda pada malam hari saat pulang kerja dari kantor ke rumah.

Bersepeda dimalam hari memang sangat menyenangkan, apalagi bersama komunitas dan teman-teman Anda, sehingga menjadi semangat untuk bersepeda. Malam hari tentunya bukanlah pilihan yang terbaik untuk kesehatan bagi kita dalam berolahraga dengan sepeda. karena bersepeda itu idealnya pagi hari dan sore.

Baca juga Hati-hati Saat Bersepeda di Jalan Raya

Bersepeda dimalam hari sangat berbeda dengan bersepeda pada pagi hari dan sore, apalagi rute yang kita lalui banyak kendaraan umum di jalanan, mulai dari bus, angkot, mobil pribadi dan sepeda motor, sehingga mengharuskan kita selalu berhati hati saat bersepeda di malam hari.

Bersepeda dimalam hari, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, dan ini menjadi bagian etika bersepeda, agar pengguna pengendara lain dapat mengenali Anda saat bersepeda, berikut dibawah ini Tips Aman Bersepeda di Malam Hari.

Tempat Belajar Android

Tabel Konten


1. Lampu Sepeda


Tips yang pertama ada lampu sepeda, ini merupakan aksesoris penting dalam sepeda, penggunaan lampu disepeda dimalam hari membantu orang lain untuk mengetahui keberadaan kita saat dijalan, karena dimalam hari itu sangat gelap. Penggunaan lampu disepeda bisa Anda pasang pada bagian depan dan belakang, tepatnya di bagian handlebar dan seatpost.

Pada bagian seatpost untuk mengetahui pengendara lain dari belakang, dan sebaliknya pada bagian lampu depan untuk mengetahui pengendara lain yang ada di depan dan pengendara di lajur kanan.

2. Aksesoris Mata Kucing

Jika Anda hanya menggunakan lampu depan saja, usahakan disepeda Anda menggunakan mata kucing, fungsinya adalah jika Anda terkena sorot lampu dari belakang, maka mata kucing yang ada di sepeda akan memantulkan cahaya, agar orang lain bisa mengetahui kita saat bersepeda malam hari. Mata kucing biasanya terpasang pada bagian depan, belakang, pedal dan jari-jari sepeda.

3. Gunakan Jalur Lambat


Selanjutnya ada penggunaan jalur lambat saat bersepeda di malam hari, ini bertujuan untuk tidak mengganggu pengendara lain, karena bersepeda di jalan raya itu harus menggunakan jalur lambat sebelah kiri. Jika ada rute jalur buat sepeda maka Anda bisa gunakan jalur tersebut, agar kita lebih aman saat bersepeda.

4. Kenakan Jaket

Angin pada malam hari itu kurang baik untuk kesehatan, akan tetapi Anda bisa mengenakan kaos berbentuk jaket, agar badan Anda tidak terkena langsung oleh angin malam, sehingga suhu tubuh tetap terjaga dalam kondisi apapun.

5. Pilih Rute Aman

Tips aman yang ke lima yaitu cari rute aman saat bersepeda malam hari, gunakan rute jalan yang memiliki akses jalan-jalan umum, karena jalan umum itu banyak penerangan lampu-lampu dijalan, sehingga Anda nyaman saat bersepeda di malam hari. Jika terjadi masalah pada sepeda Anda, maka Anda bisa mengetahuinya.

Selain rute aman, Anda bisa bersepeda dengan pandangan luas dan lebih jelas saat melintasi dijalanan  pada malam hari.

6. Patuhi Aturan di Jalan

Tips aman bersepeda dimalam hari yang terakhir adalah patuhi rambu-rambu lalu lintas dijalan, karena bersepeda dijalan raya ada etika dan aturannya, kita tidak bisa sembarangan atau menggunakan jalan dengan suka-suka, karena dijalan umum banyak pengendara lain yang menggunakan secara bersama-sama.

Gunakan jalur kiri untuk pengguna sepeda, jika ada jalur sepeda silakan gunakan, tidak perbolehkan menggunakan jalur tengah karena mengganggu pengendara lainnya, gunakan tanda atau kode saat akan berbelok kekanan dan kekiri, dilarang menerobos lampu merah, walau kita menggunakan sepeda, peraturan lalu-lintas dijalan umum diperuntukan untuk semua pengendara termasuk sepeda dan pejalan kaki.

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.



Komentar Artikel


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru