wibloog.com
menu wibloog.com
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Olahraga » Sepeda

10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda

  • tanggal29 Jun 2021
  • tanggalAdmin.Wibloog



Halo sobat goweser, hari ini penulis akan berbagi info menarik tentang perlengkapan saat Anda menggunakan sepeda di jalanan, dan ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang manfaat dan pentingnya menggunakan aksesoris atau perlengkapan di sepeda.

Perlengkapan maupun aksesoris ada di bagi dua bagian, yang pertama adalah perlengkapan yang melekat pada sepeda Anda, dan yang kedua adalah bagian bodi Anda, dimana keduanya memiliki perbedaan dan fungsinya saat Anda bersepeda.

Baca juga Tools yang Harus di Bawa saat Bersepeda

Sebagian besar para pesepeda ada yang melupakan hal penting saat bersepeda, yaitu penggunaan perlengkapan yang melindungi bagian bodi Anda. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini  Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda.


Tabel Konten


1. Helm

Helm Sepeda

Perlengkapan sepeda yang pertama adalah helm, kita tahu bahwa fungsi helm itu sendiri adalah untuk melindungi kepala dari benturan keras, ini merupakan bagian dari APD (Alat Pelindung Diri) saat bersepeda. Jadi para pesepeda usahakan gunakan helm saat bersepeda di jalanan, baik itu bersepeda di jalanan komplek, jauh dan dekat tetap harus menggunakan helm.


2. Sepatu

Sepatu Sepeda

Jika Anda menggunakan sepeda untuk perjalanan rute jauh, bersepeda di bike park atau tujuan-tujuan tertentu, silakan gunakan sepatu untuk melindungi kaki Anda. Kita tahu bahwa pedal sepeda ada bagian yang keras yang mengharuskan menggunakan sepatu tertentu khusus untuk bersepeda.

Selain itu menggunakan sepatu saat bersepeda membantu Anda untuk bisa lebih berakselerasi di jalanan, dan menghindari serpihan pasir dan batu atau benturan yang dapat melindungi kaki Anda.

3. Botol Air Minum

Botol Air Minum

Perlengkapan selanjutnya yang harus Anda bawa saat bersepeda adalah botol air minum, jadi Anda harus menyiapkan yang satu ini saat gowes, karena saat bersepeda kita banyak mengeluarkan keringat, sehingga kita membutuhkan pengganti cairn dalam tubuh, agar terhindar dari dehidrasi dan kehausan.


4. Lampu

Lampu Sepeda

Lampu di sepeda bukan salah satu alat penerang, akan tetapi merupakan alat yang di gunakan sebagai tanda untuk mengetahui para pengguna jalan lainnya, agar bisa mengetahui bahwa ada sepeda pada yang melintas. Lampu sepeda biasanya digunakan pada saat pagi, sore dan malam hari.

5. Sarung Tangan

Sarung Tangan

Perlengkapan sepeda yang membuat riding menjadi nyaman yaitu menggunakan sarung tangan, menggunakan sarung tangan membuat grip lebih enak saat bersepeda.  Tidak semua para pesepeda menggunakan sarung tangan, karena memang notabennya sarung tangan dipakai untuk kegiatan sepeda yang lebih menantang, downhill atau trail trabas maupun bike park yang membutuhkan safety yang lebih tinggi.


6. Bel Sepeda

Bel Sepeda

Disepeda juga ada memiliki klakson seperti para pengendara umum lainnya, akan tetapi memiliki bunyi yang berbeda, mungkin Anda tidak asing lagi dengan suara Kring...kring, atau sering Anda jumpa dengan bunyian seperti Ting...ting, jika ada bunyi yang satu ini Anda temui di jalanan pasti penggunanya adalah sepeda.

7. Jersey

Jersey Sepeda

Selanjutnya ada jersey sepeda, seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan jersey di sepeda memiliki perbedaan, yaitu memiliki warna yang mencolok. Penggunaan jersey biasanya di pakai pada sepeda-sepeda jenis road bike, sepeda gunung dan bmx, agar lebih maksimal saat melakukan balapan sepeda. Model jersey yang digunakan adalah kaos, dengan potongan langan panjang atau pendek.

8. Celana Sepeda

Celana Sepeda

Selanjutya ada celana sepeda, Penggunaan celana khusus untuk sepeda membuat terasa nyaman, bahan yang digunakan juga memiliki fungsi yang melindungi pada bagian kelamin Anda, sehingga tidak terjadi rasa sakit dan panas saat bersepeda. 

9. Kacamata

Kacamata Sepeda

Penggunaan kacamata saat bersepeda adalah untuk menghindari mata dari debu dan kotoran, karena kita tahu kalau gowes dijalanan umum banyak pengendara umum lainnya yang bersamaan. Menggunakan kacamata saat bersepeda menjadi akan lebih nyaman dan menambah percaya diri.

10. Kaos Kaki

Kaos kaki

Perlengkapan yang terakhir adalah kaos kaki, ini salah satu pasangan yang tidak terpisahkan oleh sepatu, dimana ada sepatu pasti ada kaos kaki yang melekat pada bagian telapak kaki Anda, nah fungsi dari kaos kaki ini untuk melindungi kaki Anda agar tidak lecet disebabkan gesekan sepatu saat bersepeda.

Demikian ulasan mengenai perlengkapan yang digunakan saat bersepeda ini kami bagikan, Terima kasih juga telah berkunjung di blog kami, Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Salam GOWESERRR...



Komentar Artikel


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru