wibloog.com
menu wibloog.com
Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Gadget » Apple

Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

  • tanggal16 Jun 2021
  • tanggalAdmin.Wibloog



Komponen baterai di iPhone memang salah satu bagian penting dalam hal performa sistem IOSnya, yang terkadang ada merasakan baterai cepat habis, atau lagi sedang menjalankan aplikasi tertentu persentasi baterainya turun sangat cepat, baterai cepat panas saat digunakan dan lain sebagainya.

Mungkin pengguna iPhone yang masih bingung atau memang masih awam menggunakan smartphone jenis iPhone, kita tahu pergantian part dan komponennya apabila terjadi kerusakan termasuk sangat mahal, apalagi komponen yang digunakan adalah original Apple.

Baterai di iPhone memiliki persentasi kesehatan yang perlu Anda ketahui, dan apabila Anda membeli iPhone bekas, pastikan kondisi battery healtnya dalam kondisi diatas 80 hingga 90%.

Baca juga Ingin Beli iPhone Bekas Cek Kondisi Baterai

Berikut dibawah ini beberapa tips penting Merawat baterai iPhone kesayangan Anda, agar tetap awet dan tahan lama.

Tempat Belajar Android

Tabel Konten


1. Waktu yang Tepat saat Charger iPhone


Kesibukan menjadi salah satu kelupaan saat melakukan charger iPhone Anda, Kapan waktu yang tepat untuk melakukan charger? Anda bisa melakukan charger saat iPhone Anda muncul notifikasi battery low, disini artinya Anda harus melakukan pengisian baterai iPhone Anda.

Low Battery di iPhone

Waktu ini adalah yang ideal untuk melakukan charger ponsel Anda, atau silakan biarkan daya baterai mengurang dari 20% hingga 10%, kemudian lakukan pengecasan hingga 100%.

2. Gunakan Adaptar Charger Asli Apple

Gunakan Adapter charger bawaan asli Apple, jangan sekali-kali Anda meremehkan hal ini, karena bisa berujung fatal dengan iPhone kesayangan Anda, yaitu bisa terbakar akibat voltase dan tegangan yang berbeda. Kita terkadang kurang memahami voltase yang tepat pada charger iPhone, jadi usahakan pakai komponen chargner original Apple agar baterai iPhone Anda tetap awet.

3. Hindari Penggunaan Powerbank


Tips selanjutnya hindari penggunaan powerbank saat melakukan charger di iPhone Anda, penggunaan sesekali masih bisa di maklumi, jika Anda menggunakan powerbank setiap hari akan berdampak keawetan baterai Anda, karena penggunaan powerbank adalah untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak dan urgent.

Penggunaan powerbank untuk melakukan charger di iPhone Anda akan tidak maksimal, karena kita tidak tahu kebutuhan voltase dan tegangan listrik yang di hasilkan, yang pastinya memiliki perbedaan dengan penggunaan listrik konvensional.

4. Hindari Overcharge

Walaupun teknologi baterai sudah dibekali beberapa kemampuan untuk mendeteksi bahwa baterai sudah penuh, akan tetapi Anda harus melepasnya, karena arus tegangan listrik yang ada di charger tetap berjalan untuk melakukan pengisian secara terus menerus.

Nah ini akan berdampak pada komponen baterai di iPhone Anda, gunakan siklus pengecasan yang tepat untuk menghindari overcharge.

5. Siklus Charger yang Tepat

Melanjutkan tips selanjutnya mengnenai siklus charger yang tepat, Apabila Anda seorang pekerja kantoran yang menghabiskan waktunya di kantor, Anda mungkin tidak terfokus pada iPhone Anda, sebelum pulang pastikan kondisi baterai iPhone Anda, karena kebanyakan orang melakukan charger dimalam hari dan ditinggal tidur.

Battery Health

iPhone sebenarnya ada fitur Optimasi Beterai saat pengisian, jadi ada sistem AI yang mempelajari kebiasaan seseorang melakukan charger iPhone di sistem iOSnya, dimana Anda bisa mencabut proses charger pada posisi 80%. Baterai lithium ion sangat cepat untuk melakukan pengisian hingga 80%, sehingga, jadi Anda bisa cabut kabel chargernya lebih awal saat sudah di angka 80%.

Fitur ini bisa Anda aktifkan, jika Anda paling sering charger pada malam hari dan ditinggal tidur, walaupun pada pagi hari Anda cabut, baterai iPhone Anda tidak overcharge.

6. Hindari Penggunaan iPhone saat di Charger

Tips yang terakhir agar baterai iPhone Anda tetap awet dan tahan lama adalah jangan gunakan iPhone terlalu sering saat melakukan pengisian baterai, karena akan lebih lama baterai mencapai 100%  disaat pengisian, nah ini akan berdampak pada baterai iPhone Anda  yaitu lebih cepat habis saat digunakan.

Gunakan iPhone sewajarnya dan perhatikan persentase baterai Anda, agar Anda bisa memprediksikan kapan waktunya yang tepat untuk melakukan pengisian baterai iPhone Anda, dan satu lagi gunakan part dan komponen orginal Apple.

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung diartikel kami, Semoga bermanfaat.



Komentar Artikel


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru