wibloog.com
menu wibloog.com
Berikut Ini 5 Cara Mencegah Data Breach Agar Data Anda Aman!
Teknologi » Tips dan Ulasan

Berikut Ini 5 Cara Mencegah Data Breach Agar Data Anda Aman!

  • tanggal04 May 2021
  • tanggal99
  • tanggalAdmin.Wibloog


Tahukah Anda bahwa mengakses situs di internet itu sama saja menyerahkan data yang Anda miliki untuk turut direkam oleh pihak situs tersebut. Selain situs, dalam membuat akun pada suatu aplikasi pun sama. Anda akan diminta untuk menyerahkan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, gender, alamat dan masih banyak lagi.

Lalu apakah Anda pernah berpikir bahwa aplikasi tersebut benar – benar aman dalam menjaga data Anda? Anda tentu tidak asing dengan berita pencurian data di salah satu e-Commerce ternama beberapa waktu lalu. Pencurian data itu disebut Data Breach, hal inilah yang membuat Anda harus tetap waspada saat mengakses sesuatu di internet dan tahu mengenai cara mencegah data breach agar data tetap aman. Sebelum itu, Anda harus mengerti dulu sebenarnya apa itu data breach.

Apa Itu Data Breach?

Pengertian data breach sendiri adalah serangan data, di mana hacker akan menyusup ke suatu sistem dan mengakses informasi penting di dalamnya. Kemudian mereka akan mengambil datanya dengan cara menyalin, memindah, ataupun menggunakan data tersebut sesuai dengan berbagai tujuan.

Data – data yang sudah mereka dapat biasanya akan berakhir di dark web. Dark web ini merupakan suatu situs yang biasa digunakan untuk transaksi ilegal dan tidak dapat diindeks oleh mesin pencari.
Setelah mengetahui pengertiannya, seharusnya Anda mulai aware dengan data pribadi Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah data breach.

5 Cara Mencegah Data Breach yang Bisa Anda Praktekkan! Agar data pribadi Anda tetap aman dan tidak berakhir di dark web maka Anda bisa memulainya dengan melakukan pengamanan dan persiapan untuk mencegahnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Tempat Belajar Android

Tabel Konten


1. Selalu Update Security Software


Jika Anda ingin menggunakan software antivirus atau malware. Usahakan cari software dengan layanan keamanan yang tinggi. Selain itu juga rajinlah untuk melakukan pengecekan terhadap update-annya agar komputer Anda tetap terlindungi dengan baik. 

Penting juga sebelum memasang aplikasi, ada baiknya cek terlebih dulu apakah reputasi aplikasi tersebut baik atau tidak. Jangan sampai justru membawa virus ke dalam device Anda.

2. Backup Data Secara Rutin

Perlu Anda ketahui, tidak semua hacker melakukan data breach untuk mengambil dan menjual datanya. Karena ada beberapa dari mereka yang justru berniat untuk menghapus data – data penting milik Anda.

Oleh karena itu dengan melakukan backup perusahaan atau instansi tersebut dapat memiliki cadangan data Anda. Begitu pula jika device Anda mengalami kerusakan dan data hilang, maka Anda tinggal memulihkan kembali datanya. 

3. Bedakan Email Akun dan Profesional 


Cara mengatasi kebocoran data selanjutnya adalah membedakan email. Saat membuat akun atau mendaftar sesuatu, pasti Anda akan membutuhkan email sebagai salah satu syaratnya. Bayangkan jika Anda hanya memiliki satu email, dan email tersebut digunakan untuk akun apapun. Misalkan daftar aplikasi yang tentu lebih dari satu, untuk kerja, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda bisa menjamin keamanan data dari aplikasi yang sudah Anda daftar aman? Bagaimana kalau misal terkena serangan data breach? Pastinya data pekerjaan Anda pun akan terkena, dan itu akan sangat amat fatal baik bagi Anda maupun perusahaan tempat Anda bekerja.
Oleh karena itulah, dianjurkan untuk memisahkan email akun dan email professional atau untuk pekerjaan. Agar data – data penting Anda terjaga.

4. Aktifkan Fitur 2FA

Bagi Anda yang belum tahu fitur ini, 2FA merupakan two-factor authentication atau biasa disebut autentikasi 2 langkah. Fitur ini merupakan salah satu cara mencegah data breach. 

Jadi sistemnya, jika ada yang ingin login ke akun Anda otomatis kode otentikasi akan masuk ke nomor telepon yang sudah Anda kaitkan. Padahal Anda sendiri tidak sedang melakukan login. Dari situ sudah terlihat bahwa ada seseorang yang berusaha mengakses akun Anda.

5. Gunakan Password yang Kuat

Password atau kata sandi memang salah satu hal yang paling krusial dalam sebuah akun. Tak jarang kita pasti selalu diminta untuk membuat password yang unik. Mengapa? Karena merupakan salah satu cara mencegah data breach. 

Hal ini bukan tanpa alasan, bagaimanapun juga ini perlu untuk melindungi dari orang – orang nakal yang ingin membobol akun Anda. Berikut ini ada beberapa tips mengenai password yang bisa Anda terapkan.

Ganti password secara rutin 3 bulan sekali.
Kombinasikan huruf, angka, dan karakter dalam password Anda.
Jangan gunakan password yang sama antara satu akun dengan yang lain.
Nah, itulah beberapa cara mencegah data breach yang dapat dicoba pada akun Anda. Yang terpenting tetap hati – hati saat memasukan data pribadi Anda ke platform atau pendaftaran apapun, agar privasi Anda tetap terjaga keamanannya.

Komentar Artikel

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru

Artikel Pilihan Pembaca