wibloog.com
menu wibloog.com
Kenali 6 Manfaat Artificial Intelligence untuk Bisnis Anda
Teknologi » Tips dan Ulasan

Kenali 6 Manfaat Artificial Intelligence untuk Bisnis Anda

  • tanggal04 May 2021
  • tanggal85
  • tanggalAdmin.Wibloog


Berbicara mengenai teknologi memang tak akan pernah ada habisnya. Setiap detiknya, teknologi selalu berkembang. Hal ini bukan tanpa alasan, karena penggunaan teknologi terbukti membantu pekerjaan manusia.

Salah satu teknologi yang sedang berkembang dan dikabarkan akan ramai beberapa tahun ke depan adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Teknologi ini sangat dipuji kehebatannya karena diklaim dapat bekerja tanpa manusia. 

Karena kecerdasannya itulah, sekarang banyak orang yang memanfaatkan teknologi tersebut, salah satunya dalam dunia bisnis. Lalu sebenarnya apa saja manfaat artificial intelligence dalam dunia bisnis? Sebelum itu Anda harus memahami lebih dulu pengertian dari AI ini.

Pengertian Artificial Intelligence
Artificial intelligence adalah suatu program komputer yang dirancang agar bisa bekerja dan berpikir layaknya manusia, sehingga nantinya dapat membantu pekerjaan manusia. Seperti yang Anda tahu, saat ini arus pekerjaan semakin meningkat oleh karena itu manusia perlu solusi teknologi layaknya AI. 

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan peran AI dalam bisnis ini nantinya dapat menggeser manusia. Namun, kenyataannya justru dengan adanya AI ini pekerjaan dapat dilakukan lebih ringan dan tentu banyak manfaat artificial intelligence yang bisa Anda dapatkan. 

Tempat Belajar Android

Tabel Konten


1. Mengurangi Human Error


Mungkin Anda pernah mengalami salah input data, barang, atau menghitung uang? Kesalahan pada pekerjaan memang hal yang sangat wajar, namun hal itu jika dibiarkan terus menerus juga bisa berdampak pada pertumbuhan bisnis Anda.

Nah, salah satu manfaat artificial intelligence dalam bisnis yaitu untuk meminimalisir kesalahan manusia. Karena teknologi ini telah dirancang sedemikian rupa oleh komputer. Misalnya saat kamu menghitung uang di kalkulator, apakah hasilnya pernah salah hitung? Tidak kan, maka dengan AI yang sudah terprogram ini kemungkinan kesalahannya sangat kecil.

2. Melakukan Otomatisasi Pekerjaan

Di sebagian besar perusahaan mungkin masih menggunakan cara manual dalam melakukan suatu pekerjaan, salah satunya adalah dalam pencatatan data. Mereka menyiapkan kertas dan pena untuk mencatat detail datanya.

Hal tersebut mungkin masih relevan sekarang, tapi bagaimana di masa yang akan datang? Selain itu juga cukup ribet dan kurang efektif. Oleh karena itu dengan menggunakan AI, Anda bisa melakukan pekerjaan lebih mudah dan cepat 

3. Sebagai Big Data


Sebagai teknologi yang sudah diprogram untuk membantu manusia, tentu AI juga diberikan kemampuan untuk menyimpan data. Tidak tanggung – tanggung, para developer AI sendiri memberikan kapasitas penyimpanan yang sangat besar.
Sehingga semua data Anda akan tersimpan dengan baik, dan bisa digunakan apabila di generasi selanjutnya butuh data tersebut.

4. Menghemat SDM

Kenyataannya, teknologi AI mungkin akan sedikit menggeser peran manusia dalam bekerja. Karena teknologi ini bisa diterapkan dalam robot. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tidak semua profesi pekerjaan manusia bisa digantikan oleh robot. 

Namun, jika berbicara dalam dunia bisnis memang terdapat banyak keuntungan atau manfaatnya. Yaitu dapat menekan biaya pengeluaran. Berbeda jika terdapat SDM yang banyak karena harus memikirkan seperti biaya kesehatan dan tunjangan lain. 

5. Hasil Pekerjaan yang Bagus

Manfaat artificial intelligence selanjutnya hampir sama dengan yang pertama, karena teknologi AI memiliki kemungkinan kesalahan yang sangat kecil. Maka hasil pekerjaannya pun menjadi sangat bagus.

Hasil kerja yang bagus tentu akan meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda bukan?
Hal ini karena artificial intelligence sudah diprogram sebaik mungkin agar benar – benar membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

6. Bersifat Permanen

Maksud permanen di sini adalah, teknologi AI dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, karena memang dapat digunakan berulang – ulang. Itulah mengapa AI sangat direkomendasikan untuk Anda terapkan pada bisnis Anda.

Teknologi seperti ini cenderung dapat bekerja kapanpun sampai pekerjaan tersebut benar – benar selesai. Berbeda dengan manusia, mereka membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat agar tubuh mereka fit kembali. 

Itulah beberapa manfaat artificial intelligence yang bisa Anda dapatkan jika menerapkannya pada bisnis. Sejatinya teknologi akan selalu berkembang seiring waktu. Oleh karena itulah, Anda sebagai pelaku bisnis harus terus mengikuti perkembangan yang ada agar tetap relevan.

Komentar Artikel

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru

Artikel Pilihan Pembaca