wibloog.com
menu wibloog.com
7 Tips Sebelum Beli Macbook Bekas yang Perlu Anda Ketahui
Teknologi » Apple

7 Tips Sebelum Beli Macbook Bekas yang Perlu Anda Ketahui

  • tanggal21 Mar 2021
  • tanggal209
  • tanggalAdmin.Wibloog


Sebelum membeli macbook bekas Anda harus memperhatikan beberpa hal, seperti tahun pembuatan, spesifikasi, harga yang ditawarkan, kelengkapan dan firur, iOS yang digunakan, kondisi layar, kondisi bodi dan baterai.

Tahun pembuatan sebuah macbook akan berpengaruh pada ketahanan perangkatnya, dan sistem operasi iOS yang digunakan, apakah masih di support atau tidak. Jika iOS yang sudah tidak di support maka ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan di versi tersebut.

Selain itu kita harus benar-benar selektif untuk memilih seri macbook, ada seri macbook Apple memiliki model Macbook Pro dan Macbook Air dan berbagai ukuran layar.

Berikut dibawah ini beberapa 7 tips sebelum beli macbook bekas yang perlu Anda ketahui, agar Anda tidak salah beli.

Tabel Konten


1. Tahun Pembuatan


Tips yang pertama Anda harus tahu tahun pembuatan macbook yang akan di beli, kita tahu bahwa produk apple tergolong memiliki ketahanan perangkatnya yang luar biasa. Silakan pilih tahun pembuatan yang memiliki umur 5 - 6 tahun sejak tahun pembuatan, jika Anda ingin membelinya di tahun 2021, Anda bisa memilih macbook tahun pembuatan 2015.

Tahun pembuatan yang masih di support iOS update terbaru adalah minimal tahun 2011 di tahun 2021, jadi Anda perkirakan saja, Anda harus memilih macbook di atas tahun 2011.

2. Spesifikasi Macbook

Tips yang selanjutnya kita harus mengetahui spesifikasi macbook yang akan di beli, paling tidak Anda bisa tahu tentang spesifikasi seperti tahun pembuatan, prosesornya, memori dan kapasitas penyimpanannya.

Jika Anda ingin membeli macbook bekas untuk kebutuhan office, cukup menggunakan prosesor Core i3 dengan ram 4 GB dan penyimpanan 256GB saja sudah cukup. Lainnya halnya untuk kebutuhan editing video dan desain, minimalnya Anda pilih Macbook Pro dengan prosesor Core i5 ram 8GB dan kapasitas penyimpanan 256GB.

3. Harga


Tips langkah selanjutnya adalah mengetahui harganya, jika Anda memiliki budget lebih, mungkin Anda tidak memikirkan masalah harga yang ditawarkan, sehingga Anda tinggal memikirkan spesifkasi dan model macbook serta tahun pembuatanya yang akan di beli, akan tetapi Anda harus memperhatikan aspek lainnya, agar tidak menyesal kemudian.

Jika Anda memiliki budget pas-pasan dan ingin sekali memiliki macbook bekas, mimin sarankan harus selektif memilih seri macbook yang akan di beli.

4. Layar dan Bodi

Seri macbook bekas yang memiliki layar retina biasanya lebih mahal ketimbang non retina, selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan layar seperti dead fixel, warna, ada jamur tidak di layar. Anda bisa menyalakan terlebih dahulu untuk melihat kondisi tersebut.

Selanjutnya cek pada bagian bodi apakah ada bagian yang pernah jatuh atau pecah, kemudian silakan cek fungsi dari port yang tersedia, mulai usb port, audio port, speaker, hdmi port dan carger port, apakah semuanya berfungsi dengan baik.

5. Garansi


Setiap pembelian perangkat laptop atau komputer bekas biasanya memiliki garansi dari toko, nah ini merupakan hal penting sekali, biasanya mereka (pihak toko) memberikan garansi dan waktunya tidak lama mulai dari 1 minggu hingga 1 bulan.

Jika tidak ada jaminan garansi sama sekali, maka jangan dibeli, kita tidak tahu dengan umur laptop bekas yang kita beli bisa saja sewaktu-waktu bermasalah saat beberapa hari digunakan. Jika ada garansi maka kita lebih mudah untuk melakukan klaim perbaikan atau pergantian unit.

6. Toko atau Lapak Terpercaya

Membeli laptop seri macbook biasanya memilki harga yang relatif mahal ketimbang brand laptop lainnya, jadi biar gak merasa rugi silakan pilih toko di kota Anda yang benar-benar sudah terpercaya yang menjual laptop bekas berkualitas.

Jika Anda membeli macbook secara online, pastikan lapak yang Anda kunjungi memiliki reputasi yang bagus, dan jangan lupa tanyakan beberapa hal  seperti Spesifikasi yang di pilih, Tahun pembuatanya, Garansi, Kondisi Macbooknya dan Baterai.

7. Kondisi Baterai

Performa macbook Apple bergantung dengan baterai yang digunakan, pastikan macbook yang akan Anda beli memiliki kondisi baterai yang bagus, minimal penggunaan full time bisa digunakan selama 3 hingga 4 jam.

Jika Anda khawatir tentang baterai macbook, Anda bisa melihat kondisi bateri yang di gunakan dengan mengklik baterai indikator pada menu utama sebelah kanan atas, apakah ada Condition : Replace Now, maka jangan di beli, karena ini ada masalah dengan baterai yang digunakan.

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.

Komentar Artikel

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru

Artikel Pilihan Pembaca