wibloog.com
menu wibloog.com
Tips Cara Kuat Nanjak Pakai Sepeda Roadbike
Olahraga » Sepeda

Tips Cara Kuat Nanjak Pakai Sepeda Roadbike

  • tanggal08 Mar 2021
  • tanggalAdmin.Wibloog



Haloo sobat goweser, bagaimana gowes sepedanya, hari ini penulis berbagi tips atau sharing tentang pengalaman sobat saya, bagaimana sih caranya agar bisa kuat nanjak pakai sepeda roadbike, karena jenis sepeda ini memiliki teknik dan cara bersepeda yang berbeda dengan yang lainnya.

Apalagi seorang pesepeda pemula yang ingin mengembangkan hobinya, ketahanan fisik seorang pesepeda itu tidak sama, karena harus membutuhkan kebiasaan dan mental yang cukup untuk bisa memacu semangat dalam bersepeda.

Seseorang pesepeda yang bisa melalui obstacle itu butuh trik dan pengalaman, sepeda yang terbaik dan tenaga saja tidak cukup untuk bisa mulus melalui rute yang beragam, semua itu butuh teknik, mental dan latihan secara berkala. Yuk... mari simak tipsnya dibawah ini.


Tabel Konten


1. Persiapkan Stamina

Agar Anda tidak kelelahan dan mengalami masalah kram pada kaki, maka persiapkanlah stamina Anda, dengan mengkonsumsi asupan gizi yang tepat, dengan pola makan sehat menjadi hal utama untuk meningkatkan stamina tubuh, seperti makan buah, daging dan sayuran yang memiliki kalori energi yang baik untuk di serap oleh tubuh.

Pola makan juga bisa diatur dengan menentukan jadwal makan yang tepat setiap harinya dengan beberapa tambahan makanan alami seperti buah pisang, pepaya, pear, apple, mangga dan lain lain dan jangan lupa waktu tidur yang cukup.


2. Mental

Tips yang keuda adalah mental atau mindset pola pikir kita saat menghadapi rute tanjakan, usahakan Anda harus bisa melakukan hal itu, karena ini suatu hal yang positif untuk meningkatkan stamina saat bersepeda di tanjakan, dengan Anda berpikir penuh bahwa tanjakan tersebut bisa Anda lalui dengan mudah.

Anda bisa melaluinya dengan perlahan, dengan mengeluarkan enegi Anda secara perlahan dan teratur, jangan langsung di keluarkan, dengan hal tersebut membuat Anda semakin percaya diri untuk melaluinya.

3. Latihan

Mental dan Mindset pola pikir tidak lah cukup, kita butuh yang namanya latihan secara berkala, fungsinya agar kita bisa mengetahui bagaimana kondisi kita saat bersepeda ditanjakan dan ini membutuhkan waktu serta kesabaran.

Anda bisa melakukan rutinitas bersepeda dengan teman atau komunitas untuk melatih stamina dan ketahanan Anda saat melahap rute tanjakan, minimal Anda melakukannya 2 kali dalam 1 minggu dengan jarak 10KM menanjak panjang atau endurance dengan rute yang sedikit agak landai, nah jika sudah terbiasa latihan, maka Anda pasti bisa melakukan step by step selanjutnya untuk meningkatkan level bersepedanya.


4. Penyesuaian Gear

Penyesuaian gear saat melakukan rute tanjakan itu penting, jika kita menggunakan gear yang paling ringan seperti 36 atau 42 sejak awal, ini akan mengalami kesulitan untuk melatih tekanan ayunan saat di gowes, sehingga beban yang digunakan terlalu ringan.

Untuk melatih tekanan gear yang baik adalah dari posisi tengah, dengan menahan ayunan ritme gowesnya, agar terbiasa dengan gear tersebut, jika sudah telalu berat ayunannya silakan dipindah satu, dipindah lagi satu secara bertahap, dan jangan terburu-buru melakukan pindah gear.

5. Passing

Saat bersepeda bersama dengan yang lainnya, kita harus mengetahui passing atau kemampuan kita, jangan memaksakan mengikuti passing oran lain jika kita belum mampu mengikutinya, usahakan dinikmati saja ritme semampu kita, agar stamina tetap stabil, usahakan menggunakan aplikasi heart rate untuk mengetahui persentase level heartnya.

Fungsi dari aplikasi heart rate adalah agar kita bisa mengetahui rata-rata heart ratenya, jika melakukan rute yang agak nanjak bisa ditahan di angka  80 hingga 95%, jika tidak terlalu menanjak bisa gunakan di 70 hingga 80%, gunanya untuk mengukur kemampuan kita. Untuk menurunkan heart rate Anda bisa minum air mineral sedikit demi sedikit saat bersepeda.


6. Sparing Partner

Cari teman untuk diajak latihan bersama yang memiliki kemampuan bersepeda di level yang sama, dengan itu Anda mudah mengikutinya saat mencoba latihan menanjak, sehingga Anda bisa mengatur kecepatan dan ritme bersepeda yang tepat saat nanjak.

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga ini membantu Anda saat bersepeda.

Salam Goweser...



Komentar Artikel

fitri

09 Mar 2021 | 15:48:18

nice post

admin@wibloog

09 Mar 2021 | 17:21:20

Terima kasih dah mampir...


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru