wibloog.com
menu wibloog.com
Tren Sosial Media dan Info Hoax
Tips dan Ulasan » Sosial Media

Tren Sosial Media dan Info Hoax

  • tanggal13 Jan 2021
  • tanggal71
  • tanggalAdmin.Wibloog


Informasi via media sosial saat ini menjadi tren dalam menjelajahi dunia internet, diantaranya banyak sekali berseliweran berbagai info di timeline setiap pengguna media sosial, baik itu berita atau kejadian yang dishare oleh oran lain.

Tak menutup kemungkinan bahwa memang peran yang paling besar adalah kemanjuan teknologi, hampir setiap orang di dunia memiliki platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Whatsapp.

Mungkin pembaca sudah tahu bahwa Facebook adalah platform sosial media yang paling banyak di akses di dunia, di tahun 2020 Facebook menjadi nomor satu populer yang banyak di gunakan orang, kemudian di susul WhatsApp dan Instagram.

Di sosial media orang bebas berbagi tentang apa yang dia inginkan, terlepas dari pembatasan yang di buat oleh kebijakan facebook, apalagi beberapa tahun belakangan ini video facebook sangat ramai di minati, dan konten-konten yang dibagikan juga menjadi hal mendukung orang untuk menonton.

Alasan Menggunakan Sosial Media

Ratusan juta orang menggunakan platform facebook di tanah air, jumlah ini sangat tinggi, dan mengapa orang banyak sekali menggunakan platform ini, alasan yang mendasar mengapa facebook di ciptakan adalah agar orang-orang di dunia bisa saling terhubung, tanpa ada jarak dan ruang waktu.

Terbukti bahwa memang benar, mengapa orang banyak menggunakan facebook adalah mereka dapat terhubung dengan keluarga, teman, kerabat dan orang lain melaui jaringan internet.

Selain itu orang-orang di facebook bisa melakukan berbagai aktivitas, mulai update status, update photo, berbagi informasi, komunikasi dan live video status facebook. Sejauh ini facebook menjadi salah satu platform media sosial yang sangat berkembang, misalkan saja saat ini orang-orang bisa berjualan di facebook dengan menggunakan banner photo maupun secara live streaming video.

Trend isu yang berkembang di tahun 2021 ini salah satunya adalah pendidikan dan aksi, kemudian ada tentang teknologi, gaya hidup dan tentang kenyamanan.

Info Hoax di Media Sosial

Media sosial tidak lepas dari target orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas banyaknya laporan bahwa informasi yang dibagikan tidak valid, sayangnya ini menjadi kelemahan, seperti facebook sendiri, mereka belum sepenuhnya melakukan eksplorasi terhadap konten yang dibagikan siapa pemilik aslinya dan sumbernya dari mana.

Belum lama ini penulis melakukan riset kecil-kecilan terhadap informasi yang dibagikan di media sosial, dalam perkumpulan tersebut, dia menjelaskan beberapa diantaranya menanggapi sebuah video dimedia sosial terkait kejadian pesawat yang tidak di difiter dari mana sumbernya, dan menjadi berkembang dari mulut ke mulut, dan faktanya mereka telah di bohongi.

Jika pembaca orang yang sering menggunakan sosial media seperti facebook atau twitter, pasti sering mendapati tautan atau link berita yang di bagikan di halaman timeline, jika judul berita yang dibagikan tersebut terdeteksi HOAX, pastikan ciri-ciri judul yang di bagikan adalah menciptakan kecemasan, kebencian dan permusuhan.

Selanjutnya jika link atau berita terindikasi HOAX sumber yang dibagikan tidak jelas dan tidak ada yang bisa dimintai tanggung jawab atau informasi tersebut, kemudian informasi yang di sampaikan memihak tertentu, menyerang, dan tidak netral atau berat sebelah.

Poin selanjutnya adalah berita atau artikel biasanya ditulis oleh media abal-abal yang tidak kredibel, di mana alamat media dan penanggung jawab tidak jelas.

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat

Komentar Artikel

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru