wibloog.com
menu wibloog.com
Pengalaman Buat Blog Hingga Bisa Hasilkan Uang dari Internet
Tips dan Ulasan » Blog

Pengalaman Buat Blog Hingga Bisa Hasilkan Uang dari Internet

  • tanggal10 Jan 2021
  • tanggal99
  • tanggalAdmin.Wibloog


Berawal dari banyaknya cerita video di youtube dan blog tentang bisnis di internet melalui blog, mereka membagikan cerita pengalaman bisa menghasilkan uang melalui blog, dan tidak sedikit dari mereka yang telah sukses melalui blog.

Terkadang tidak semua orang paham bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang, dan berpikir dimana letak bisnisnya, sehingga bisa menghasilkan uang. Memang segalanya bukan uang yang dicari, akan tetapi poin utamanya adalah bisnis didalamnya.

Penulis sendiri paham akan bisnis online melalui Google AdSense terhitung sejak tahun 2019, dan hanya mengandalkan informasi melalui youtube dan blog, sebelum mengenal Google AdSense penulis hanya mendengar istilah tersebut dari mulut ke mulut.

Pada tahun 2010 awal penulis juga pernah mendengar istilah Google AdSense, tetapi belum tahu itu apa sebenarnya, dan tidak terpikirkan sama sekali, teman-teman pada waktu itu memang jarang sekali yang paham tentang Google AdSense.

Berikut dibawah ini perjalanan Pengalaman Buat Blog Hingga Bisa Hasilkan Uang dari Internet.

Website Blog Pertama

Penulis sebelumnya pernah membuat sebuah website berkali-kali, dan web tersebut tidak pernah bertahan lama, hanya iseng-iseng bangun website saja, kebetulan penulis ada dasar bahasa pemrograman web.

Pada pertengahan tahun 2019 tepatnya di bulan juli, penulis berniat membangun sebuah website khusus untuk blog, dan memang pada waktu itu penulis berniat ingin membangun blog yang bisa menghasilkan uang.

Website wibloog pertama sekali

Tampilan website wibloog.com pertama 8 Juli 2019

Gambar diatas adalah tampilan awal pertama kali dibangun, dan asal jadi saja, seperti tampak model website klasik, dan memang benar yang penulis bangun adalah model website klasik yang tidak responsive, isi kontennya tentang teknologi dan otomotif.


SEO???

Umaak.. mendengar kata SEO penulis sedikit kebingungan, ini apalagi ya, kemudian saya mencoba tanyak ke mbah Google,  apa itu SEO, jawabanya mbah Google adalah Search Engine Optiimaaaa, susah tenan rekk nulise... Optimization dibaca Optimasien, Optimasi, wess mbohh.. intinya adalah SEO.

Sebelumnya penulis kurang mengerti apa itu SEO, setelah mempelajari secara otodidak tentang SEO dan kawan-kawannya, dan yang terjadi adalah website blog yang penulis bangun ternyata jauh dari kata SEO, dan akhirnya merubah semua struktur html halaman website tersebut.

Disini penulis belum mengenal tentang konten SEO, masih berkutat tentang struktur html yang di digunakan, penulis pelan-pelan melakukan update koding, mulai dari penggunaan title, meta, h1,h2,h3...h6, link dan gambar.

Tampilan Website Wibloog

Tampilan website wibloog.com kedua 18 Juli 2019


Daftar Google AdSense

Google AdSense adalah salah satu jalan untuk mendapatkan uang lewat internet melalui blog, dan menempatkan banner iklan dihalaman artikel, sehingga nanti akan otomatis tampil saat halaman dibuka.

Pada tanggal 18 Juli 2019 Google AdSense saya di terima, website pada saat itu dibangun dimulai pada 8 juli, jadi antara tanggal 8 hingga 18 Juli 2019 ada 10 hari, 1 Minggu website dibangun sudah di terima Google AdSense, apakah ini salah admin Googlenya, atau Admin Googlenya lagi sedang baik hati hee :D, jumlah artikel pada saat itu masih 20-an artikel.

Sepertinya Google lagi cari publisher banyak-banyak biar pendapatan mereka bertambah, kebetulan CEO Google pada waktu itu Sundar Pichai dari negara India, hingga artikel ini di tayangkan masih menjabat sebagai CEO Google.

CEO Google tidak ada hubungannya sama sekali dengan website yang penulis buat, mungkin disini penulis sedikit beruntung dengan hitungan hari Google AdSense bisa di terima, karena diluar sana ada banyak yang mendaftar Google AdSense selalu di tolak.

Trafik Pengunjung Kecil

Setelah melakukan perubahan struktur html di website wibloog, penulis sambil tetap membuat konten artikel, setelah 3 bulan trafik pengunjung di rata-ratakan masih 5 hingga 20-an viewer dalam sehari, itupun sudah termasuk penulis pengunjungnya.

Trafik Wibloog

Jika menggunakan platform CMS Blogspot atau Wordpress mungkin bisa saja trafiknya lebih tinggi, karena template yang digunakan sudah sangat SEO Friendly dengan mesin pencari.

Trafik ini bertahan hingga akhir tahun 2019, penulis tetap semangat dengan pencapaian trafik tersebut walaupun kecil, karena membangun sebuah website blog tidak instan, butuh kerja keras dan waktu yang lama.


Konten SEO dan Pengindeksan

Setelah melakukan update SEO struktur html, penulis memulai fokus terhadap SEO Konten dan Pengindeksan, konten yang saya bangun selama ini tidak memikirkan kaidah penulisan yang benar seperti penggunaan judul, keyword, deskripsi, isi konten, sub judul, link internal maupun eksternal, hal ini yang membuat trafik sulit naik.

tampilan website wibloog

Tampilan website wibloog.com ketiga 14 September 2019

Menulis konten SEO itu tidak mudah, butuh belajar nulis lebih giat dan yang pastinya mencari referensi cara menulis dengan banyak-banyak membaca dan mendengarkan informasi.

Selain itu kita juga harus membuat konten paling seminimalnya adalah 500 kata dalam satu artikel, akan tetapi angka tersebut belum cukup untuk kriteria konten SEO, paling minimal adalah 750 kata dan tergantung dengan pemilihan judul.

Jika artikel yang akan di buat adalah tutorial, mungkin tidak membutuhkan kata yang panjang, 500 kata saja sudah cukup, yang terpenting adalah cara penyampaian isi tutorialnya.

Baca juga Mengapa Konten SEO itu Penting

Setiap penulis melakukan posting artikel di blog, penulis selalu melakukan pengindeksan secara manual, fungsinya agar halaman atau artikel cepat ter-index oleh mesin pencari Google, dan cara ini adalah salah satu untuk meningkatkan pengunjung lebih cepat.


PIN Verifikasi Alamat Google AdSense

Setelah pendapatan Google AdSense mencapai 10 dolar, atau setara dengan nilai rupiah sebesar Rp. 130.000, maka kita dimintakan verifikasi PIN alamat Google AdSense, ini merupakan tahap terakhir untuk menerima hasil pembayaran dari Google AdSense.

Tampilan Website Wibloog yang baru

Tampilan website wibloog.com ke-empat 1 November 2019

Penulis menerima PIN Google Verifikasi Alamat terbilang sangat cepat, normal lama pengiriman PIN Google AdSense 2 - 4 Minggu tergantung dengan lokasi atau alamat yang di tuju, Alhamdulillah penulis hanya menunggu selama 2 bulan saja, dan alamat yang di tuju merupakan alamat kantor, bukan alamat KTP.

Baca juga Berikut ini Alasan Kenapa PIN Verifikasi Alamat Google AdSense Lama Sampainya

Gajian dari Google Pertama Sekali

Pad tanggal 22 November 2020 penulis menerima email bahwasanya pembayaran sudah di kirim oleh CEO Google Sundar Pichai woops..., Gajian...gajian... dan benar mereka mengirim pada tanggal 21 November.

Untuk mendapatkan gajian pertama sungguh sangat lama sekali, yaitu selama 1 tahun 5 bulan Whaaat..., mungkin para blogger diluar sana ada yang lebih cepat dari ini dan bahkan sudah gajian setiap bulannya, Silakan kirim komentar diartikel ini, berapa lama mendapatkan gajian pertama pada blog Anda.

Baca juga Tanggal Berapa Google AdSense Melakukan Pembayaran kepada Publisher Blog

Tampilan website wibloog yang baru

Tampilan website wibloog.com ke-lima 4 Juni 2020 hingga sekarang

Apa yang menjadi perioritas sebuah blog ketika sudah mendapatkan gajian dari Google AdSense, yang paling penting adalah membangun konten artikel yang SEO friendly terhadap mesin pencari.

Selain itu jangan lupa bahwa Google sangat suka dengan blog yang selalu update setiap hari, maka dari itu selalu update artikel blog secara konsisten, agar trafik dan pendapan Google AdSense Anda meningkat. Itu.... :)

Komentar Artikel

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru