wibloog.com
menu wibloog.com
Perkembangan Google dan Logo dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
Teknologi » Google

Perkembangan Google dan Logo dari Generasi Pertama Hingga Sekarang

  • tanggal07 Jan 2021
  • tanggal381
  • tanggalAdmin.Wibloog


Mungkin anda tidak menyangka bahwa Google akan sehebat ini, apapun yang berhubungan dengan teknologi informasi tidak lepas dari teknologi Google, selain mesin pencari, Google memiliki sistem operasi Android, dimana OS ini sudah di pakai di berbagai perangkat smarthphone, yang jumlahnya milyaran di dunia.

Google adalah salah satu layanan mesin pencari yang dibangun oleh Larry Page bersama Sergey Brin, mereka mempelajari tentang World Wide Web atau sering disebut WWW yang dapat merayapi tautan dari sebuah website, kemudian mereka ekplorasi dari isi web tersebut menjadi bagian-bagian index link di web server.

Sebagian pembaca pasti penasaran tentang perjalanan logo Google dari awal hingga sekarang, karena kita tahu bahwa Google adalah salah satu bagian dari kemajuan dunia internet saat ini.

Tempat Belajar Android

Tabel Konten


Agustus 1996 : Lary Page dan Sergey Brin Pertama Kali Meluncurkan Google


Agustus 1996 Lary Page dan Sergey Brin Pertama Kali Meluncurkan Google

Logo diatas digunakan oleh Google dari tanggal 15 September 1997 hingga 27 September 1998.

Logo diatas terlihat lucu bukan, ya kita tahu pada tahun tersebut memang belum mengenal desain material yang keren, pada Agustus 1996 Lary Page dan Sergey Brin Pertama Kali Meluncurkan Google di jaringan Stanford, ini merupakan bagian dari proyek Lary Page, yang mendaftar di program pascasarjana ilmu komputer di Stanford pada tahun 1995.

Larry Page tidak sendirian, dia bertemu dengan sesama mahasiswa kampus Standford yaitu Sergey Brin, mereka mempelajari tentang bagaimana cara tautan link dapat dirayapi lewat jaringan internet, dan menampilkan halaman dalam bentuk tautan yang dapat di tautkan ke halaman lain.

Larry Page dan Sergey Brin Pendiri Google

Keahlian matematika Sergey Brin,membuat keduanya membangun algoritme Page Rank, dimana menurut Larry Page bahwa memberi peringkat pada hasil pencarian berdasarkan perilaku tautan tersebut, ini membuat teknologi tersebut membentuk dasar untuk mesin pencari paling kuat di dunia pada masanya , yang diluncurkan di jaringan pribadi Stanford pada Agustus 1996.

Baca juga Bagaimana Google Menentukan Sumber Konten itu Asli

Disinilah awal dasar Algoritma Google di bangun oleh Larry Page, Page Rank dan Relevansi terhadap konten sangat berpengaruh di mesin pencari Google.

Tahun 2002 : Yahoo Mencoba (Gagal) Beli Google Seharga $3 Milyar

Sebelum Google berkembang seperti saat ini, pada tahun 2000-an Yahoo adalah mesin pencari internet yang paling berjaya, ketika Google mulai mendapatkan popularitas sebagai pesaing mesin pencari internet, Yahoo mencoba mengakuisisi Google sebesar $3 Milyar, akan tetapi Google di laporkan menolak kesepakatan tersebut, karena Google dirasa bahwa nilai yang sesuai adalah $5 Milyar.

Logo Google tahun 1998

Logo diatas digunakan oleh Google mulai 28 September hingga 29 Oktober 1998.

Juli 2003 : Google Pindah Kantor ke GooglePlex


Setelah berkembangnya kantor Google di Palo Alto dan daerah Silicon Valley, Google berniat menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Amphitheatre Parkway , dan ini kemudian dikenal sebagai tempat Amphitheatre Technology Center milik Silicon Graphics di Mountain View, California.

Langkah tersebut memang di rancang untuk mengakomodasi lebih dari 1.000 tenaga kerja Google pada saat itu, nah sejak itu tempatnya dikenal Googleplex, dan merupakan kampus terbesar perusahaan setelah beberapa perluasan dan akuisisi gedung tambahan.

8 Februari 2005 : Google Maps Diluncurkan

Google pertama kali memperkenalkan Maps pada tahun 2005 silam. Tampilan khusus web memberikan petunjuk langkah demi langkah dan peta tersebut dapat diperbesar dengan beberapa fitur lokasi bisnis seperti hotel dalam pencariannya.

Kemudian di tahun 2009 Google meluncurkan navigasi GPS yang dapat mengarahkan ke arah tujuan melalui belokan demi belokan untuk Maps di smartphone, sehingga memudahkan orang untuk menunjukan arah yang di tuju secara real.

Logo Google tahun 1999

Logo Google di atas digunakan dari 30 Oktober 1998 hingga 30 Mei 1999.

9 Oktober 2006 : Google Mengakuisisi Youtube

Google tidak salah mengakuisisi Youtube sebesar $1.65 Milyar, dan kita tahu hasilnya saat di pegang oleh Google, Youtube menjadi media pemutar video online terbesar di dunia. Google memanfaatkan sumber daya yang besar dan dukungan yang kuat dalam hal membangun Youtube, sehingga bisa sesukses sekarang.

Akuisisi ini menjadi bukti yang paling penting dari Google karena YouTube telah berkembang, sehingga menjadi dasar bagi orang modern dalam kehidupan online, dan Google memberikan kesempatan kepada orang diluar sana untuk membangun konten kreatif yang dapat menghasilkan uang.

2 September 2008 : Google Meluncurkan Browser Chrome

Perkembangan internet pada tahun 2008 membuat Google berinisiatif membuat aplikasi Browser, kala itu browser masih di pegang Microsoft Internet Explorer. Selama empat tahun Chrome telah menjadi browser yang populer dibanding Mozila Firefox dan Internet Explorer. Sepuluh tahun kemudian Google Chrome mendjadi browser yang dominan dipakai di dunia, dengan persentase 60% di seluruh dunia.

Logo Google Tahun 2010

Logo ini digunakan dari 31 Mei 1999 hingga 5 Mei 2010.

23 September 2008 : Android Diluncurkan Pada T-Mobile G1 / HTC Dream

Setelah diam-diam Google membeli Android sebesar $ 50 juta pada tahun 2005 , dan mereka mengembangkan menjadi OS smartphone paling populer di dunia, memulai debutnya dengan penggunaan perangkat T-Mobile G1 / HTC Dream, merupakan ponsel Android pertama di dunia. 

Pada tanggal 22 Oktober Google kembali mengeluarkan dana sebesar $ 179 (dengan kontrak dua tahun), untuk pengembangan dasar OS Android dan fitur-fitur yang penting, dan integrasi kedalam layanan Google di Android OS dengan perangkat lunak terbuka (Open Source).

Logo Google tahun 2013

Logo digunakan dari 6 Mei 2010 hingga 18 September 2013

24 Juli 2013 : Google Chromecast Diumumkan

Chromecast merupakan perangkat yang dapat dijadikan sebagai alat streaming video, murah, dan tanpa ada embel-embel dari ponsel atau komputer ke TV. Lima tahun kemudian, Google secara harfiah tidak ada sama sekali ada yang berubah, dan Google baru saja memperbarui produknya. Perlu di ketahui bahwa Ini masih salah satu tips cara termurah dan termudah untuk bisa streaming.

Logo Google tahun 2015

Logo digunakan dari 19 September 2013 hingga 31 Agustus 2015

18 Mei 2016 : Asisten Google di Luncurkan

Pengguna Android mungkin pahan dengan istilah ini, ini merupakan platform yang dibangun di OS Android untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan bantuan suara. Google Assistant bisa dikatakan asiten virtual untuk membantu manusia terutama pada smartphone, dan bisa terhubungan dengan perangkat rumah pintar.

Logo Google tahun 2015 akhir

Logo saat ini diresmikan pada tanggal 1 September 2015

Demikian ulasan tentang Perkembangan Google dan Perubahan logo dari tahun ke tahun ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat

Komentar Artikel

Artikel Lainnya


Artikel Terbaru

Artikel Pilihan Pembaca