wibloog.com
menu wibloog.com
10 Tips Penting SEO Gambar Yang Perlu Anda Ketahui
Teknologi dan Komputer » Internet dan Blog

10 Tips Penting SEO Gambar Yang Perlu Anda Ketahui

  • tanggal03 Jan 2021
  • tanggal103
  • tanggalAdmin.Wibloog


Gambar dalam sebuah blog atau website berfungsi untuk mendeskripsikan isi dari sebuah konten yang di publikasikan, dengan gambar tersebut seorang pengunjung website akan tahu maksud dari isi tersebut, relevansi gambar terhadap konten itu sangat penting, karena kita tahu bahwa mesin pencari Google memiliki aturan untuk menampilkan hasil di Google SERP.

Untuk menentukan gambar saja terkadang kita membutuhkan waktu lama, mulai dari pemilihan gambar, ukuran dan kualitas gambar, belum lagi gambar yang digunakan dari sumber stok photo gratis, karena bisa saja satu gambar banyak yang menggunakannya.

Baca juga 10 Tag Meta Paling Penting untuk SEO

Selain gambar untuk mewakili dari konten, ternyata kita perlu melakukan optimasi gambar tersebut, agar dapat dikenali oleh mesin pencari.

Berikut dibawah ini Tips Penting SEO Gambar untuk di jadikan sebagai optimasi blog atau website yang perlu Anda ketahui.

1. Pilih Format yang Tepat

Format gambar yang paling umum banyak kita temui di berbagai platform mesin pencari adalah berekstensi PNG dn JPG, secara nama format ada perbedaan dari keduanya.

  • PNG : Merupakan format yang menghasilkan kualitas gambar lebih baik, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar.
  • JPG : Salah satu format dimana Anda mungkin kehilangan kualitas gambar, akan tetapi Anda bisa menyesuaikan level dari kualitas gambar yang sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan format gambar menjadi hal penting, silakan gunakan format JPG sebagai langkah yang tepat, agar anda bisa menyesuakan level kualitas gambar yang akan di gunakan.

2. Kompres Gambar

Tips yang kedua adalah kompres gambar, ini merupakan cara tepat yang banyak di lakukan orang sebelum gambar di publikasikan, menurut HTTP Archive gambar mencapai rata-rata 21% dari total berat halaman web.

Penulis menyarankan untuk mengkompresi gambar yang akan di gunakan, Anda bisa menggunakan TinyPNG sebagai salah satu tools alternatif kompres gambar hingga 31%.

Semakin kecil ukuran gambar yang di gunakan, maka semakin cepat loading website yang diakses, Jika Anda menggunakan plugin atau CDN pastikan kompresi gambar Anda di lakukan di server eksternal mereka, sehingga mengurangi beban di website Anda.

3. Buat Gambar Unik

Banyak ribuan gambar yang tersebar di internet, dan banyak sekali penyedia layanan gambar gratis yang bisa digunakan, akan tetapi setiap gambar stok gratis yang  di optimalkan, itu tidak akan sama atau potensi SEO nya dari gambar yang unik atau asli.

Semakin banyak gambar original di website Anda, maka peluang di mesin pencarian Google akan lebih baik dan peluang peringkat pencarian yang lebih baik untuk pencarian yang relevan.

Gambar yang di publish web sebisa mungkin gunakan gambar yang original, kurangi penggunaan gambar stok gratis.

4. Waspadai Hak Cipta

Terkait dengan gambar yang digunakan pastinya tidak terlepas dari hak cipta, karena sumber gambar dari aslinya perlu kita cantumkan juga dihalaman website kita, karena penggunaan gambar gratis yang digunakan Anda tidak memiliki lisensi tersebut.

Penggunaan gambar di Google Anda bisa memfilter hasil gambar yang tersedia untuk digunakan kembali, agar gambar yang Anda gunakan tidak kena pelanggaran hak cipta.

5. Sesuaikan Nama File Gambar

Membuat nama file gambar dengan kaya akan kata kunci sangatlah penting, agar nama file gambar sesuai dengan isi konten yang di maksud. Anda bisa menggunakan judul sebagai nama file gambar utama / cover dari artikel tersebut.

Seperti pada gambar yang digunakan pada artikel ini, penulis menggunakan nama judul artikelnya menjadi 10 Tips Penting SEO Gambar Yang Perlu Anda Ketahui.jpg

Secara tidak langsung kita membantu mesin pencari Google menemukan gambar kita sesuai dengan kata kunci yang dibuat.

6. Menambahkan Teks Alt yang SEO Friendly

Alt merupakan salah satu teks alternatif yang di gunakan pada gambar, ketika pada saat gambar tidak terload atau tidak dapat merendernya maka teks tersebut akan di tampilkan.

Alasan mengapa dibuat sebuah alt teks pada gambar? karena jika gambar tidak terload atau gagal dimuat dengan alasan apapun, pengguna masih bisa melihat seperti apa gambar itu dengan teks alt yang di bagikan.

Selain itu, menambahkan tag alt yang sesuai dengan gambar di situs web Anda dapat membantu situs web Anda mencapai peringkat yang lebih baik di mesin pencari dengan mengaitkan kata kunci dengan gambar.

Berikut dibawah ini contoh penggunaan alt.

img src="ice cream1.jpg" alt="ice cream"

dari tag gambar di atas, bisa disederhanakan menjadi seperti dibawah ini.

img src="ice cream1.jpg" alt="ice cream rasa coklat"

7. Buat Judul dan Deskripsi Halaman Anda

Google juga mengungkapkan bahwa ia menggunakan judul dan deskripsi halaman Anda sebagai bagian dari algoritma pencarian gambarnya.

"Gambar Google secara otomatis membuat judul dan cuplikan untuk menjelaskan setiap hasil dengan baik dan bagaimana kaitannya dengan kueri pengguna… Kami menggunakan sejumlah sumber berbeda untuk informasi ini, termasuk informasi deskriptif dalam judul, dan tag meta."

Semua faktor dasar SEO pada halaman Anda seperti meta data, tag header, kutipan pada halaman, data terstruktur, dan lain-lain sangat mempengaruhi cara Google memberi peringkat pada gambar Anda.

8. Tentukan Dimensi Gambar

Jika Anda menggunakan halaman AMP silakan tentukan ukuran gambar dimensi, jika tidak Anda silakan menentukan lebar dan tinggi dari gambar tersebut, sesuaikan dengan tampilan halaman yang digunakan.

Silakan bedakan dimensi untuk list halaman seperti thumbnail, icon, dan gambar cover halaman, jangan disamakan source gambar pada cover dengan thumbnail.

Baca juga Cara Membuat Link Thumbnail di Blogger

9. Jadikan Gambar Anda Ramah dengan Versi Mobile

Tips selanjutnya adalah pastikan gambar yang digunakan ramah dengan penggunaan mobile version, dikarenakan versi desktop dengan mobile sangat berbeda, jika Anda menggunakan web responsif pastikan gambar yang digunakan sudah di optimasi, agar loading data tidak terlalu berat.

Selain itu jika perangkat yang digunakan adalah model klasik, silakan gunakan ukuran dimensi tetap, dengan menyesuaikan tampilan mobilenya.

10. Tambahkan Gambar di Sitemap Situs Anda

Tips yang terakhir adalah silakan tambahkan di peta situs atau sitemap.xml komponen image:image, agar gambar yang ada di situs Anda mudah crawling dan indexing, Sehingga situs Anda akan menghasilkan trafik pengunjung pencarian gambar lebih banyak.

Anda bisa mengunjungi di Image Sitemap Google untuk mengetahui lebih detail format xml untuk penggunaan pada peta situs atau sitemap.

Hal terpenting adalah memastikan gambar dan teks alternatif relevan dengan halaman. Poin utama yang harus diperhatikan adalah :

  • Pilih format file yang tepat, JPG adalah salah satu pilihan yang bisa gunakan.
  • Kurangi ukuran file untuk kecepatan memuat halaman web lebih cepat.
  • Pastikan elemen SEO pada halaman Anda (meta data, data terstruktur, dll.) Dipasangkan dengan gambar Anda.
  • Agar dapat crawling, buat peta situs atau sitemap gambar atau pastikan gambar Anda ditampilkan di peta situs Anda.

Mengoptimalkan gambar bukanlah hal yang baru, dengan kemajuan teknologi pencarian saat ini, kita bisa meningkatkan SEO konten web yang dibangun. Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.

Komentar Artikel

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru