wibloog.com
menu wibloog.com
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic
Mobil » Ulasan

Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic

  • tanggal21 Jun 2020
  • tanggalAdmin.Wibloog



Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang sering digunakan oleh orang-orang dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Mobil sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni mobil manual dan matic. Orang-orang memiliki selera tersendiri baik itu mobil matic atau manual sesuai dengan kenyamanan penggunanya. Mobil matic banyak dipilih orang-orang karena lebih mudah digunakan tanpa melakukan oper gigi. Melihat itu, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk membeli mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Berbagai macam kelebihan juga ada yang bisa anda dapatkan bila membeli mobil matic.

Salah satu hal yang menjadikan kendala dalam kehidupan sehari-hari adalah pemakaian bahan bakar mobil matic. Ada yang belum tahu bagaimana cara menghemat bahan bakar supaya tidak boros.
Berikut ini adalah beberapa cara menghemat pemakaian bahan bakar mobil matic!


Tabel Konten


Perhatikan Putaran RPM Pada Mesin

Salah satu tips yang paling efektif untuk menghemat penggunaan bahan bakar adalah dengan memperhatikan putaran RPM pada mesin. Mobil matic milik anda akan tetap irit bilamana menerapkan cara yang satu ini.
RPM pada umumnya konsumsi bahan bakar yang efektif dan menghasilkan tenaga sekitar 2500 – 3000 RPM. Dengan memperhatikannya, mobil matic milik anda pastinya akan lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Cara yang satu ini sangat efektif untuk dilakukan.


Jangan Terlalu Lama Menggunakan Idling

Terlalu lama menggunakan idling ternyata juga dapat menyebabkan kondisi mobil matic boros bahan bakar. Disaat posisi netral atau diam dan mesin dalam keadaan menyala, mesin akan tetap bekerja dan membutuhkan bahan bakar. Ketika anda membiarkannya terlalu lama, maka bahan bakar akan habis dengan mudah.
Untuk mengatasi hal seperti ini, anda bisa menggunakan timer. Yakni dengan memberikan waktu idling. Waktu yang tepat dalam menggunakan idling bisa anda tentukan sendiri, baik 5 menit, 10 menit, dan seterusnya. Hal ini tergantung pada kondisi mobil, apabila sering digunakan, maka anda cukup memanasinya dalam waktu yang singkat. Cara ini akan sangat efektif untuk menghemat bahan bakar mobil yang anda gunakan.

Hindari Penggunaan Mobil Yang Agresif

Agresifitas yang berlebihan ternyata juga mempengaruhi kondisi bahan bakar menjadi lebih boros. Apabila anda sering menggunakannya dalam keadaan ngebut atau ugal-ugalan, sudah pasti mesin akan mengalami performa yang lebih cepat. Hal ini akan mempengaruhi bahan bakar yang lebih cepat terkuras.
Berkendara yang efektif harus dalam keadaan tenang, apalagi anda menggunakan mobil yang memiliki resiko besar bilamana terjadi suatu hal di jalan. Kontrol emosi anda dalam mengemudikan mobil. Bukan hanya hemat bahan bakar yang bisa didapatkan, keselamatan juga lebih terjamin bila anda membawanya dalam keadaan normal.


Gunakan AC Seperlunya

Banyak yang tidak menyangka bahwa AC juga dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar mobil. Penggunaan AC yang berlebihan juga akan membuat bensin menjadi lebih boros secara cepat. Supaya lebih hemat, anda bisa menggunakan seperlunya saja seperti dalam keadaan panas atau hal lainnya.
AC sendiri memiliki fungsi penting sebagai pendingin ruangan. Dimana pengendara akan diberikan kenyamanan saat menyalakan AC di dalam mobil. Hampir setiap jenis mobil sekarang ini menambahkan fitur AC di dalamnya.

Hindari Penumpang Melebihi Kapasitas

Ketika anda memiliki banyak penumpang, maka otomatis beban mobil akan semakin bertambah. Hal ini juga dapat mempengaruhi kondisi bahan bakar mobil yang dikeluarkan semakin banyak karena memerlukan tekanan yang lebih. Semakin banyak penumpang, maka semakin besar tekanan yang diberikan.
Untuk itu, sebaiknya jangan membawa penumpang melebihi jumlah kapasitas. Seperti halnya mobil yang hanya memuat 4 bangku. Maka hanya 4 orang saja yang diperbolehkan menumpakinya. Mungkin untuk anak kecil tidak menjadi masalah jika ikut menaiki mobil tersebut. Dengan begitu, mobil anda akan lebih hemat dalam mengeluarkan bahan bakar. Selain itu, mobil yang anda gunakan juga akan lebih awet.


Hindari Gas Berlebihan Saat Menanjak

Mobil yang menanjak membutuhkan tekanan yang tinggi agar bisa melewatinya. Namun dalam menanjak juga harus memperhatikan kecepatan. Selain untuk menghemat bahan bakar, hal ini juga bermanfaat untuk keselamatan para pengemudi. Jalan menanjak merupakan jalur yang berbahaya. Untuk mengendarai mobil di jalan menanjak sebaiknya dalam keadaan pelan.
Mobil sebaiknya di gas secara perlahan di tanjakan, apabila ada mobil lain, sebaiknya hindari dan jangan menyalipnya. Dengan menggunakan cara yang satu ini akan membuat mobil anda hemat bahan bakar. Cara ini sangat efektif jika anda melakukannya. 

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat



Komentar Artikel

Asuransi Mobil Garda Oto

03 Feb 2021 | 10:04:43

Terimakasih sudah berbagi informasi.

admin@wibloog

03 Feb 2021 | 10:51:04

Terima kasih sudah mampir...


Artikel Lainnya


Artikel Terbaru